artikelby: ahmad on: 2011-10-15 00:00:21 telah dilihat sebanyak 6059

Super Spageti Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebentar lagi kita akan memiliki cara "enak" untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Para ilmuwan dari Italia dan Spanyol mengatakan mereka sedang mengembangkan tipe pasta yang dibuat dari tepung barley yang baik untuk jantung.

Barley, jenis serelia yang kini lebih banyak dipakai sebagai sumber citarasa pada industri bir dan whisky ini mengandung protein gluten. Ia juga mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi, serta asam folat, zat besi dan kalsium. Barley juga kaya akan serat, antioksidan dan vitamin E.

Menurut Vito Verardo, PhD dari University of Bologna di Italia, dan Ana Maria Gomez-Caravaca, PhD dari Universitas Granada, Spanyol, tidak lama lagi di pasaran akan tersedia pasta barley yang diberi label "mengurangi penyakit jantung dan sumber serat terbaik".

Dalam menciptakan pasta terbaru ini, para ilmuwan pertama-tama mencari tahu apakah mereka bisa menjadikan spageti dan jenis pasta lainnya sebagai "makanan fungsional" dengan memakai bahan baku barley untuk menambahkan serat dan antioksidan. Baru setelahnya para ilmuwan mengembangkan tepung barley yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan.

Seperti yang diharapkan, para peneliti mengatakan spageti yang dibuat dari tepung barley mengandung lebih banyak serat dan antioksidan dibandingkan spageti konvensional yang dibuat dari semolina, jenis tepung terigu.

Mereka juga menyebutkan tambahan gluten dalam tepung barley akan meningkatkan citarasa dan kualitas masakan pada pasta. Para peneliti optimis mereka akan memenuhi kualifikasi badan pengawas obat dan makanan (FDA) Amerika untuk menyebutkan klaim kesehatan dalam kemasannya.

Selama beberapa tahun para ilmuwan mengetahui bahwa barley termasuk dalam super food karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat membantu kesehatan jantung dan pencernaan.

(sumber)