artikelby: ahmad on: 2011-09-29 14:14:10 telah dilihat sebanyak 6045

Rutin Menyantap Ikan Cegah Stroke

Penelitian-penelitian terbaru menemukan, orang yang makan ikan beberapa kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko terkena serangan stroke.

Kesimpulan ini berdasarkan lima belas studi yang telah dilakukan di beberapa negara; Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan China. Penelitian yang mengukur frekuensi penduduk di negara-negara tersebut dalam hal konsumsi ikan sebagai makanan sehari-hari ini memperoleh hasil berupa data dari sekitar 400.000 orang dalam rentang usia 30 hingga 103 tahun.

Berdasarkan tiap-tiap studi itu diketahui pula bahwa kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan kemungkinan besar dapat mengurangi risiko serangan stroke, karena dampak positifnya terhadap tekanan darah dan kolesterol.

Susanna Larsson dan Nicola Orsini dari Sweden Karolinska Institute, dua di antara peneliti dalam studi, menyatakan bahwa orang yang gemar makan ikan memiliki tingkat risiko 12 persen lebih rendah dibanding mereka yang sedikit mengonsumsi ikan.

Ikan salmon dan herring adalah contoh ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. "Ada bukti kalau penyajian atau konsumsi ikan 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat nutrisi itu," ujar peneliti lain, Dariush Mozaffarian dari Harvard School of Public Health.

Selain omega-3, beberapa nutrisi lain seperti vitamin D, unsur selenium (Se), serta protein tertentu di dalam ikan juga punya memberi dampak positif bagi pencegahan stroke. Meski menurut Mozaffarian, belum ada jaminan kalau seseorang pasti terhindar dari serangan stroke dengan mengonsumsi ikan.

(sumber)