artikelby: ahmad on: 2011-07-13 00:01:37 telah dilihat sebanyak 11881

20 Makanan Super yang Memperpanjang Umur

Guru Besar Universitas Leeds (Inggris) Gary Williamson membuat daftar 20 makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan merekomendasikan setiap orang untuk mengkonsumsinya secara teratur agar berumur panjang. Manfaat makanan tersebut terutama berasal dari kekuatan antioksidan mereka yang membantu mencegah kerusakan sel, memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit jantung dan kanker.

Berikut adalah ke-20 makanan yang direkomendasikan dan senyawa antioksidan yang dimiliki:

Apel: polifenol
Blackberry: anthocyanin
Teh Hitam: theaflavin
Blueberry: anthocyanin
Brokoli: polifenol
Sereal: serat dan asam fenolat
Cherry: anthocyanin
Cherry tomat: quercatin
Kopi: asam fenolik
Cranberry: procyanadin
Cokelat hitam: epikatekin
Teh Hijau: polifenol
Jeruk: hesperedin
Persik: epikatekin dan asam fenolik
Plum: epikatekin dan asam fenolik
Raspberry: anthocyanin
Anggur merah: anthocyanin dan asam fenolat
Bawang merah: quercatin
Bayam: polifenol
Strawberry: anthocyanin dan asam ellagic

Prof. Williamson sangat menganjurkan untuk mengkombinasikan sebanyak mungkin makanan-makanan tersebut setiap hari agar Anda dapat memaksimalkan daya pencegahan penyakit mereka.

Cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan adalah mengkonsumsi sumber alaminya, bukan dari makanan suplemen, karena banyak senyawa dalam buah-buahan dan sayuran yang tidak sepenuhnya dipahami dan tidak ada yang tahu jumlah ideal konsumsinya untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kesehatan.

Yayasan Jantung Inggris menyambut gembira hasil penelitian tersebut, tetapi mengingatkan agar berhati-hati mengenai manfaat cokelat. Cokelat hitam memang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung tetapi hanya bila dikonsumsi secara moderat. Kandungan gula dan lemak yang tinggi pada cokelat dapat berdampak negatif pada berat badan dan kolesterol. Demikian pula dengan kopi dan jus jeruk. Kopi adalah stimulan dan jeruk sangat asam sehingga dapat memperburuk gangguan peradangan seperti artritis bila dikonsumsi berlebihan.