artikelby: ahmad on: 2011-07-06 00:13:35 telah dilihat sebanyak 8872

Secangkir Teh Sudah Bikin Sehat

Karena banyak mengandung antioksidan, teh bagus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bukan hanya kandungannya saja yang menyehatkan, proses menyiapkan secangkir teh juga bisa bermanfaat khususnya bagi orang yang jarang bergerak.

Menurut penelitian, aktivitas fisik seringan apapun termasuk mencuci gelas dan menyeduh teh di dapur bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Makin banyak bergerak, makin kecil risiko untuk mengalami masalah terutama menyangkut kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Penelitian yang dilakukan di Queen University di Kingston, Ontario ini mengamati 43 pria dan 92 wanita yang mengalami masalah kegemukan dan jarang bergerak. Selama sepekan, para partisipan mengenakan akselerometer untuk mengamati aktivitas fisiknya.

Hasil pengamatan menunjukkan, para partisipan bergerak lambat dengan kecepatan rata-rata hanya 4,8 km/jam. Namun pada partisipan yang teratur melakukan aktivitasnya selama sedikitnya 30 menit/hari, risiko gangguan jantung dan pembuluh darah berkurang cukup signifikan.

Sang peneliti, Ashlee McGuire mengatakan aktivitas ringan sehari-hari seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, naik tangga dan berjalan menuju tempat kerja cukup membantu menjaga kesehatan. Namun olahraga sesungguhnya tentu saja lebih dianjurkan.

"Aktivitas tersebut bisa dilakukan tanpa harus meluangkan waktu. Sama sekali tidak sulit dan Anda tidak harus pergi ke gym untuk melakukannya," ungkap McGuire seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (30/6/2011).

McGuire menambahkan, aktivitas ringan yang tidak direncanakan seperti itu bisa membakar kurang lebih 350 kalori dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin terus menerus, dalam setahun bisa mencegah terjadinya kenaikan berat badan sebesar 4,5-13,6 kg.

Selain menyeduh atau menyiapkan secangkir teh, mencuci gelas setelah meminumnya bisa membakar kalori 26 kali lebih banyak jika dilakukan secara manusal dan tidak menggunakan mesin. Demikian juga saat mencuci baju, kalori yang dibakar 24 kali lebih banyak jika dilakukan secara manual.

(sumber)