artikelby: vito cafe on: 2011-06-24 20:22:14 telah dilihat sebanyak 11377

Tips Minum Teh

Minum teh adalah budaya atau kebiasaan sehari-hari orang indonesia dan dunia. Minuman teh biasanya menjadi menu wajib di tempat-tempat makan baik yang kecil sampai yang besar, semua menyediakan minuman teh dalam berbagai bentuk dan rasa.

Teh berasal dari pucuk daun teh yang dikeringkan dengan berbagai cara sehingga menghasilkan teh yang siap diseduh untuk diminum. Jika malas kita pun tinggal beli teh dalam kemasan botol tinggal minum saja tanpa repot-repot lagi membuatnya. Tapi ingat minuman yang seperti ini tentunya tidak lepas dari pemanis sintetis dan bahan pengawet.

Minum teh tidak boleh asal-asalan. Ada pedoman/aturan yang perlu kita pahami agar tidak mendapatkan efek negatif dari kebiasaan minum teh kita. Memang teh memiliki kebaikan/manfaat bagi kesehatan tubuh kita karena mengandung antioksidan polifenol, vitamin c, vitamin e, vitamin a, dan lain sebagainya. Selama minum teh dalam batas wajar dan mengikuti pedoman yang ada, maka minum teh akan menyehatkan dan menyegarkan. Karena tidak dipungkiri teh juga mengandung tehin (cafein jika di dalam kopi)

Tata Cara Minum Teh Yang Baik dan Benar
Minum teh dalam satu hari maksimal 5 cangkir teh, dengan ukuran cangkir adalah 200ml.
Minum teh pada temperatur sedang, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Lidah juga tidak akan "mlosoh" kepanasan, gigi juga tidak akan ngilu karena kedinginan.
Suhu optimum untuk menyeduh teh adalah 80 C supaya segala kebaikan teh tidak rusak dikarenakan over heating.
Untuk mengoptimalkan manfaat dari minum teh, sebaiknya teh diminum tanpa pemanis, alias tawar.
Teh susu atau teh campur susu dipercaya dapat mengurangi zat stimulan pada teh. Sedangkan teh lemon (lemon tea) dapat membantu melindungi sistem pencernaan serta dapat mencegah kerang pada dinding usus.

Manfaat dari minuman teh
Memperkuat Gigi & Mencegah Karies pada Gigi
Unsur Flouride ( F ) yang cukup tinggi pada Teh, dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi

Mengurangi Resiko Keracunan Makanan
Unsur Catechin (salah satu unsur dalam Polyphenols), telah terbukti bahwa unsur tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan (menurut penelitian dari Taiwan dan Jepang)

Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Dengan adanya vitamin C dan vitamin E, maka Teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Menyegarkan Tubuh
Teh mengandung sejenis kafein yang berbeda dengan kopi, maka Teh juga dapat merangsang sistem syaraf tubuh kita sehingga pengambilanoksigen kedalam tubuh lebih lancar.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Epigallocatechin dan epicatechin gallat yang merupakan varian dari catechin, tenyata mampu bertindak sebagai inhibitor dari pada angiotensin trasferase, yaitu enzim penyebab tekanan darah tinggi. Lebih lanjut dapat pula disimpulkan bahwa dengan kemampuan catechin untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menangkal radikal bebas, maka catechin juga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovascular.

Menangkal Kolesterol
Catechin, ternyata juga telah dibuktikan bahwa dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feces.

Mengoptimalkan Metabolisme Gula
Mangan (Mn), yang terkandung dalam teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi. Dengan demikian teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.

Mencegah Pertumbuhan Kanker
Kemampuan Catechin (salah satu unsur dalam Polyphenols) dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas.

Dikutip dari beberapa sumber, powered by google