artikelby: ahmad on: 2013-03-03 00:00:09 telah dilihat sebanyak 5302

Usir Stress Dengan Makanan

Tubuh kita mendapatkan berbagai vitamin dan zat gizi esensial lainnya dari makanan yang kita asup sehari-hari. Memilih makanan yang tepat bukan hanya menyehatkan tubuh tapi juga akan meredam stres. Kombinasikan dengan olahraga serta kegiatan rileksasi lainnya sehingga hidup terasa lebih bahagia.

Untuk memulai hari bebas stres, cobalah semangkuk oatmeal untuk sarapan. Oatmeal ini kaya serat larut yang membantu anda merasa kenyang lebih lama, vitamin B dan magnesium. Penelitian yang menunjukkan hubungan yang kuat antara magnesium dan kesehatan mental: Kekurangan magnesium dapat menyebabkan iritabilitas, depresi dan kecemasan. Dan karbohidrat kompleks seperti oatmeal bisa membantu menghasilkan serotonin, yang membantu membuat Anda tenang dan melawan kecemasan.

Kemudian, konsumsilah kelompok ikan, seperti salmon (menjadi sumber asam lemak omega-3 dan vitamin B) atau tuna (tinggi vitamin B6 dan B12). Ikan merupakan sumber vitamin B yang rendah lemak dan ampuh untuk mengatasi stres. Salmon juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Bila Anda perlu camilan, cobalah kacang almond atau makanan olahan almond lain. Kadang-kadang, hanya dengan memakan sesuatu yang renyah dapat membantu mengurangi stres yang Anda rasakan. Untuk nutrisinya, almond sarat dengan vitamin B12 dan vitamin E, magnesium, dan seng. Vitamin E dapat membantu melawan kerusakan yang menyebabkan radikal bebas, terutama yang menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mengemil kuaci. Biji bunga matahari merupakan sumber magnesium dan folat, yang membantu menghasilkan dopamin, sebuah penyalur impuls saraf (neurotransmitter) di otak yang berhubungan dengan rasa senang yang dirasakan manusia.

Lebih suka sesutu yang manis? cobalah cokelat hitam yang kaya akan flavonoid dan membantu rileks. Kandungan penting lainnya adalah phenethylamine yang membantu meningkatkan suasana hati Anda. Studi juga menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kortisol, salah satu hormon stres utama yang dihasilkan dalam tubuh.

Selain itu, ada juga bluberi. Buah ini tinggi serat, rendah kalori namun cukup untuk memenuhi keinginan anda untuk mengunyah makanan manis. Blueberry sarat dengan antioksidan dan vitamin C, keduanya yang membantu melawan efek stres pada tubuh Anda.


sumber : kompas.com